Rabu, 27 Juli 2011

Memperbaiki CD yang Tergores




Cara memperbaiki CD yang tergores, mau? cobain deh.
Sebenarnya trik yang sudah lama tapi masih sering dipakai….
bagaimana memperbaiki CD yang tergores? yang sebagian datanya tidak terbaca oleh CD ROM/DVD ROM
dalam kasus ini misalnya saya mengunakan CD Instalan game PC yang mana ada sekitar 4mb data yang rusak karena CD-nya tergores dan tidak terbaca sama CD/DVD rom.

Bahan-bahan yang diperlukan;
1. Alcohol 120 %
2. ULTRA ISO
3. Window Xp/2000 ( OS yang lain belum dicoba)
4. Sedikit kapas atau apalah
5. Kertas buat nyerap minyak,
5 dan yang terakhir sedikit minyak goreng atau minyak sayur.

Cara 1. menyiapkan CD yang tergores
basahi kapas dengan sedikit air,,bersihkan permukaan CD yang tergores dengan cara vertikal menggosoknya, lakukan berulang selama 3 kali, terus bersihkan air yang masih lengket di CD yang tergores dengan kertas penyerap,, terus ambil lagi kapas yang baru basahi dengan minyak sayur (secukupnya) mulai basahi permukaan CD yang tergores seperti sebelumya. Jika sudah keringin pake kertas nyerap minyak hati2 ya, sebagian partikel dari minyak akan tetap menempel di permukaan mikro CD yang tergores,, ga papa kok, kayakna minyak yang menempel permukaan CD yang tergores membantu laser di CD/DVD ROM untuk membaca kembali permukaan CD yang tergores. pastinya hal ini akan membantu buat yang CDnya tidak terbaca karena ada goresan sedikit di permukaannya, sebagian lagi susah jika goresannya sudah kelewat dalam dan hampir semua permukaan CDnya tergores,tapi tidak ada salahnya dicoba, dengan tips ini 80 % CD yang tergores sedikit bakal bisa terbaca lagi.

Cara ke 2 – Test CD
dengan Alcohol 120% buat file ISO – image making wizard – dan coba anda lihat apakah aplikasi ini bisa membaca permukaan CD yang korup datanya atau tergores dalam kasus gw alcohol 120 % dapat mengembalikan 60 % data yang korup or tergores, tapi jika tidak cukup, harus nyoba aplikasi lain, mereka tidak menyembuhkan semua datanya tapi laser CD/DVD dapat meyembuhkan( baca: membaca) semua data, dalam hal ini datanya masih ada dalam tuh CD, nah apa yang kita lakukan?

Cara ke 3 – Buat CD baru
Dengan sistem copy yang ada di windows anda bisa melakukannya,, cuma buat folder baru dengan nama yang sama dengan CD label untuk referensi nge-burn di masa selanjutnya, terus copy isi dari CD ke dalam folder tersebut. pas waktu proses copy menemukan data yang hilang atau korup akibat tergores, proses copynya bakal melambat karena CD/DVD nya berusaha buat membaca dan bakal menyembuhkan data yang yang hilang, jika tidak bakal ada pesan sektor yang terbaca dalam CD, dalam hal ini CD tidak bisa diperbaiki, tapi tidak dalam kasus ini, akhirnya windows dapat mengkopi semua data ke dalam folder yang anda buat tadi. dengan Ultra ISO, buat sebuah CD baru, pindahin semua isi folder yang tadi anda buat dan simpan dalam format ISO, anda bisa mencoba CD dengan mounting ISO nya lewat alcohol 120 %, dalam kasus ini, kita buat 2 ISO dari CD 1 dan 2 game PC, dan mencoba menginstallnya dengan Mounting ISO, dan berhasil mendapakan kembali 4 MB data yang korup atau tidak terbaca, terus kita bakar CD dan sekarang kita punya kopian Game PC yang bebas dari goresan.Selamat mencoba


Tidak ada komentar:

Posting Komentar