Rabu, 02 Mei 2012

FUNGSI TEKNOLOGI INFORMASI



  1. Menangkap (Capture)
  2. Mengolah (Processing)
    Mengkompilasikan catatan rinci dari aktivitas misalnya menerima input dari keyboard, scanner, mic, dan sebagainya.
    Mengolah atau memproses data masukan yang diterima untuk menjadi informasi. Pengolahan atau pemrosesan dapat berupa konversi (pengubahan data ke bentuk lain), analisis (analisis kondisi), perhitungan (kalkulasi), sintesis (penggabungan) segala bentuk data dan informasi.
    1. Data processing, memproses dan mengolah data menjadi suatu informasi
    2. Information processing, suatu aktivitas komputer yang memproses dan mengolah suatu tipe/bentuk dari informasi dan mengolahnya menjadi tipe/bentuk lain dari informasi.
    3. Multimedia system, suatu sistem komputer yang dapat memproses berbagai tipe/bentuk dari informasi secara bersamaan (simultan).

  3. Menghasilkan (Generating)
    Menghasilkan atau mengorganisasikan informasi ke dalam bentuk yang berguna. Misalnya laporan, tabel, grafik, dan sebagainya.
  4. Menyimpan (Storage)
    Merekam atau menyimpan data dan informasi dalam suatu media yang dapat digunakan untuk keperluan lainnya. Misalnya disimpan ke harddisk, tape, disket, compact disk (CD) dan sebagainya.

  5. Mencari Kembali (Retrival)
    Menelusuri, mendapatkan kembali informasi atau menyalin (copy) data dan informasi yang sudah disimpan, misalnya mencari supplier yangh sudah lunas, dan sebagainya.
  6. Transmisi (Transmission)
    Mengirim data dan informasi dari suatu lokasi ke lokasi lain melalui jaringan komputer. Misalnya mengirimkan data penjualan dari user A ke user lainnya, dan sebagainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar